PT Pertamina (Persero) meluncurkan wajah baru sistem layanan informasi berbasis website yang ramah disabilitas. Pertamina memastikan seluruh masyarakat termasuk disabilitas dapat memperoleh informasi mengenai layanan, program, dan kegiatan Pertamina.
Vice President Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso mengatakan Pertamina komitmen terhadap transparansi informasi sebagai bagian dari prinsip tata kelola perusahaan yang baik dengan memberikan kemudahan akses Informasi kepada masyarakat, termasuk kepada disabilitas.
“Pertamina terus memperkuat komitmen layanan informasi yang inklusif dilengkapi dengan accessibility fitur pada website layanan informasi,” jelas Fadjar dalam keterangan tertulis, Rabu, (17/9/2025).
Fadjar menambahkan momentum ini merupakan semangat baru untuk memberikan layanan informasi yang inklusif kepada masyarakat.
“Tampilan wajah desain baru pada website layanan Informasi merupakan spirit dan energi baru untuk informasi yang inklusif,” terang Fadjar.
Lebih rinci, Fadjar memaparkan layanan informasi dengan fitur aksesibilitas ini dilengkapi dengan pilihan penyesuaian tampilan website seperti peningkatan kontras, pembesaran teks, pengaturan jarak antar teks, highlight link, hingga opsi ramah disleksia. Selain itu, pengguna juga dapat menghentikan animasi, menyembunyikan gambar, dan menyesuaikan tinggi baris tulisan sesuai kebutuhan.
“Inovasi pengembangan sistem layanan informasi ini merupakan wujud komitmen Pertamina terhadap prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG) serta penerapan tata kelola perusahaan yang baik,” tambahnya.
Selain menyediakan layanan informasi di website korporasi Pertamina, kini Pertamina juga tengah mempersiapkan layanan informasi berbasis aplikasi mobile Apps untuk memastikan keterbukaan informasi publik.
“Inovasi penyediaan kanal akses informasi merupakan fondasi penting dalam membangun hubungan yang transparan, akuntabel, dan berkelanjutan dengan masyarakat,” ucap Fadjar.
Sementara itu, pendamping disabilitas fungsi Trading Pertamina Patra Niaga, Lina menambahkan layanan informasi yang ramah disabilitas merupakan bukti bahwa Pertamina memberi kesempatan untuk mendapatkan informasi bagi semua orang.
“Dengan adanya layanan informasi yang dapat diakses disabilitas pada sistem layanan informasi Pertamina, membuktikan bahwa Pertamina memberikan kesempatan kepada semua kalangan termasuk disabilitas memiliki hak yang sama untuk mendapatkan informasi seputar Pertamina,” ungkap Lina.