Sejarah dan Tema Hari Konsumen Nasional 2025

Posted on

Peringatan (Harkonas) jatuh pada tanggal 20 April setiap tahunnya. Lewat peringatan ini, konsumen Indonesia diharapkan bisa menjadi konsumen yang kritis, yaitu konsumen yang mampu memperjuangkan hak dan kewajibannya serta mengutamakan produk dalam negeri.

Berikut ini asal-usul hingga tema Hari Konsumen Nasional 2025.

Dilansir situs resmi Kemendag, peringatan Hari Konsumen Nasional (Harkonas) ditetapkan berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 13 Tahun 2012 tentang Hari Konsumen Nasional pada 20 April.

“Dalam upaya terus mengembangkan kesadaran akan arti penting peran konsumen dalam perekonomian nasional yang sehat dan berkelanjutan perlu menetapkan tanggal 20 April sebagai Hari Konsumen Nasional dengan Keputusan Presiden,” demikian bunyi poin b dalam Keppres tersebut.

Selain itu, disebutkan juga dalam Keppres tentang Hari Konsumen Nasional bahwa Hari Konsumen Nasional bukan merupakan hari libur:

PERTAMA : Tanggal 20 April ditetapkan sebagai Hari Konsumen Nasional.
KEDUA : Hari Konsumen Nasional bukan merupakan hari libur.

Hari Konsumen Nasional diharapkan akan menempatkan konsumen sebagai subjek penentu kegiatan ekonomi serta konsumen cerdas yang cinta produk dalam negeri. Dengan demikian, diharapkan pelaku usaha akan termotivasi untuk meningkatkan kualitas produk dan layanannya sehingga siap menjadi tuan rumah di negerinya sendiri dan mampu bersaing di pasar global.

Apa tujuan peringatan Harkonas?

Tema peringatan Harkonas Tahun 2024-2028 yaitu “Perlindungan Konsumen Menuju Indonesia Emas” dengan subtema Tahun 2024 “Konsumen Kritis Cerdas Bertransaksi”. Indonesia pada usianya ke-100 di tahun 2045 diharapkan menjadi negara Nusantara Berdaulat, Maju, Berkelanjutan dan menjadi kekuatan ekonomi 5 besar di dunia.

Sejarah Hari Konsumen Nasional

Tema Hari Konsumen Nasional 2025

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *