Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal () menggelar acara Jakarta Halal Market di kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI). Dalam acara tersebut diteken MoU atau nota kesepakatan antara BPJPH dengan infocom terkait sosialisasi pentingnya .
“Jadi, kita sama info melakukan hubungan yang lebih akrab berupaya menyelenggarakan kegiatan bersama. Seperti Halal Award, kan kita perlu media,” ucap kepala BPJPH, Ahmad Hasan Haikal, dalam acara tersebut di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (23/11/2025).
Haikal menjelaskan, salah satu elemen penting dalam edukasi sertifikasi produk halal dengan melakukan sosialisasi. Sehingga kerja sama perlu dilakukan dengan media untuk membantu komunikasi ke publik.
“Karena salah satu keberhasilan halal itu, adalah keberhasilan kita melakukan sosialisasi. Jadi media sehebat info menjadi salah satu pilihan kita untuk sosialisasi pada masyarakat. Tanpa sosialisasi, kita tidak akan berhasil,” sebutnya.
Penandatanganan itu dilakukan oleh CEO infonetwork Abdul Aziz dan Haikal yang turut disaksikan dengan sejumlah pejabat dari BPJPH. Kerja sama juga diharapkan bisa dilakukan dengan pihak lain.
“Dengan adanya MoU, kita akan buat dengan semua, semua, yang terlibat. Seperti kampus-kampus, universitas, lembaga-lembaga, media,” ujarnya.
Adapun acara Jakarta Halal Market tersebut berisi sejumlah hiburan dan kios makanan dari sejumlah UMKM hingga sejumlah perusahaan. Dengan adanya acara ini, diharapkan masyarakat bisa mengetahui pentingnya sertifikasi halal pada produk yang dijual.
“Pasar Halal Jakarta. Itu sebabnya kita melakukan edukasi, ya, sosialisasi, kepada seluruh masyarakat bahwa halal itu udah menjadi kewajiban di negara kita,” sebut dia.
Haikal menjelaskan, bahwa pelaksanaan Jakarta Halal Market untuk hari ini masih uji coba. Rencananya kegiatan serupa juga akan dilakukan di kota lain.
“Ini uji coba. Kita akan lakukan lagi acara Halal Market ini di semua kota,” ungkapnya.
Simak juga Video: BPJPH Proses 10 Ribu Sertifikat Halal Perhari untuk Dongkrak Daya Saing Industri
