Cara Transfer Tiket Kereta ke Akun Lain, Ini Syarat dan Langkahnya!

Posted on

Kini pengguna kereta api (KA) tak perlu khawatir jika ingin memindahkan tiket ke akun lain. PT Kereta Api Indonesia () telah menghadirkan fitur transfer tiket melalui aplikasi , yang memungkinkan pengguna memindahkan tiket ke akun lain.

Fitur yang telah diluncurkan sejak 2023 ini menjadi inovasi dari KAI dalam memberikan kemudahan bagi pelanggan. Namun, agar prosesnya berjalan lancar, ada sejumlah syarat dan langkah yang harus diperhatikan sebelum melakukan transfer tiket kereta api.

Dikutip dari akun resmi KAI, fitur hanya berlaku untuk tiket yang sudah dibayar penuh dan berstatus aktif. Penumpang yang ingin mentransfer tiket juga wajib memastikan penerima tiket sudah memiliki akun aktif di aplikasi Access by KAI.

Berikut ketentuan lengkap yang perlu diperhatikan sebelum melakukan transfer:

KAI juga mengingatkan agar pengguna selalu berhati-hati terhadap akun penipuan yang mengatasnamakan KAI. Seluruh akun resmi KAI di media sosial memiliki tanda verifikasi centang emas, sementara nomor resmi WhatsApp KAI121 adalah 0811-2223-3121 (centang biru).

Setelah memenuhi ketentuan di atas, pengguna dapat melakukan transfer tiket dengan mengikuti panduan berikut ini:

Dengan sistem digital ini, seluruh proses dilakukan tanpa perlu datang ke stasiun, sehingga lebih cepat dan efisien.

PT KAI menegaskan bahwa fitur transfer tiket ini hanya berlaku di dalam satu yang sama dan antarakun resmi Access by KAI. Pengguna diimbau tidak membagikan data pribadi atau kode tiket kepada pihak lain untuk mencegah penyalahgunaan.

Sekali lagi, KAI mengingatkan agar masyarakat tidak percaya pada pihak mana pun yang meminta melakukan transfer atau perubahan data tiket di luar aplikasi resmi. Semua layanan KAI, termasuk transfer tiket, hanya dilakukan melalui platform Access by KAI.

Syarat dan Ketentuan Transfer Tiket Kereta

Langkah-langkah Transfer Tiket via Aplikasi