Plt Inspektur Jenderal Kementerian Agama (Irjen ) Faisal Ali Hasyim mengingatkan para calon Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) memberikan pelayanan terbaik kepada jemaah haji Indonesia. Faisal berharap petugas melayani jemaah haji seperti melayani orang tua sendiri.
“Layani mereka seperti melayani ibu kita. Bayangkan mereka adalah orang tua kita,” kata Faisal dalam bimbingan teknis (bimtek) PPIH 2025 Arab Saudi di Asrama Haji Jakarta, Pondok Gede, Jakarta Timur, Kamis (17/4/2025).
Dia mengatakan tidak semua orang mendapat kesempatan melayani jemaah haji. Dia mengingatkan petugas haji untuk membangun komunikasi yang baik dan responsif.
“Jangan tunggu jemaah mengeluh baru direspons,” katanya.
Dia meminta petugas konsumsi selalu bertanya bagaimana kualitas makanan yang dikonsumsi jemaah. Dia juga meminta petugas akomodasi selalu mengecek kondisi kamar, air, AC, hingga tempat tidur jemaah.
“Dengan proaktif, kita bisa beri layanan terbaik,” ujar Faisal.
Faisal mengatakan tidak ada pembedaan jenis makanan bagi jemaah lanjut usia. Namun, katanya, Kemenag telah membuat kontrak dengan syarikah atau perusahaan di Arab Saudi agar siap menyediakan jenis makanan berbeda jika dibutuhkan jemaah lansia.
“Bisa jika ada perlu makanan beda,” ujarnya.