Survei Kepuasan Pemudik Lebaran 2025: Rekayasa Lalu Lintas dan Fasilitas Rest Area

Posted on

Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI) melakukan survei terkait penyelenggaraan . Hasil survei menunjukkan sebanyak 91,2 persen pemudik puas dengan rekayasa lalu lintas yang dilakukan Polri selama periode Lebaran 2025.

Survei dilakukan periode 2 sampai 8 April 2025. Survei dilakukan dengan metode Computerized Assisted Self Interview (CASI) di mana responden mengisi secara independent link kuesioner yang disebarkan via media sosial. Jumlah responden sebanyak 1.062 pemudik.

Dalam survei ini responden ditanya seberapa puas terhadap layanan atau fasilitas yang digunakan pemudik lebaran tahun ini. Hasilnya 91,2 persen pemudik puas dengan kebijakan rekayasa lalu lintas. Berikut datanya:

Kebijakan pengaturan jalan

Kebijakan rekayasa lalu lintas (one wa dan contraflow)
– Puas: 91,2 persen
– Tidak Puas: 8,8 persen

Fasilitas Rest Area

Ketersediaan bahan bakar
– Puas: 95,8
– Tidak Puas: 4,2 persen

Kebersihan tempat makan
– Puas: 91,1 persen
– Tidak puas: 8,9 persen

Kenyamanan tempat istirahat
– Puas: 89,1 persen
– Tidak puas: 10,9 persen

Kebersihan toilet
– Puas: 86,2 persen
– Tidak puas: 13,8 persen

Posko Kesehatan

Layanan di posko kesehatan
– Puas: 92,9 persen
– Tidak Puas 7,1 persen

Survei ini juga menunjukkan data kinerja Polisi lalu lintas yang menjaga keamanan arus mudik. Survei menunjukkan ada kenaikan kepuasan warga dari tahun sebelumnya. Berikut datanya:

Tingkat kepuasan kinerja Polantas menjaga keamanan arus mudik:

Tahun 2024: 84,1 persen
Tahun 2025: 87,9 persen

Tingkat kepuasan kinerja Polantas menjaga kelancaran arus mudik:

Tahun 2024: 82,5 persen
Tahun 2025: 86,3 persen.

Simak juga Video Apresiasi Pengendara soal Kebijakan Rekayasa Lalu Lintas hingga Posko Mudik 2025

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *